Sabtu, 13 Maret 2010

MENJADI PRIBADI YANG TANGGUH MENCAPAI KESUKSESAN Oleh: Torine Rambu Baba Ama(TRBA_CA)

Seperti apa ukuran tangguh? Mungkin ini merupakan pertanyaan yang gampang, sekaligus sulit untuk kita renungkan.
Ketangguhan pribadi kita bukan diukur ketika kita berhasil meraih sesuatu yang ingin dicapai saja. Justru ketangguhan pribadi akan diuji ketika kita dihadapkan pada satu kesulitan , hambatan, atau pun tantangan . Keberanian kita untuk terjun langsung ke kancah persoalan merupakan suatu pencerminan bahwa kita ,mampu untuk mengatasinya.
Kemudian berbicara tentang kesuksesan , kita pasti berpikir bahwa kita berhasil dalam melakukan apa yang kita inginkan dan pastinya kita berpikir dari sudut pandang kita, kebangggaan diri dan orang lain . Kesuksesan dalam bidang apa pun, tentu saja menjadi tujuan dari aktifitas seseorang. Dalam setiap dimensi kehidupan ini , setiap orang berlomba-lomba untuk menajdi sukses. Meskipun ukuran kesuksesan antara orang yang satu dengan orang yang lain tidak sama , mengingat cara pandang dan kriteria mengenai kesuksesan itu dalam kehidupan ini baik dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan lainnya berbeda –beda. Hall terpenting adalah buah dari kesuksesan, yaitu kebahagian yang dapat dirasakan oleh setiap orang yang berhasil meraihnya.
Kesuksesan pada dasarnya bukanlah hal yang instan. Untuk mendapatkanya diperlukan proses yang sangat panjang dan melelahkan!!!, membutuhkan perjuangan, usaha, bahkan kerja keras. Tidak ada kesuksesan yang datangnya tiba-tiba. Jika itu terjadi, biasanya perginya pun akan tiba-tiba, karena kita tidak pernah belajar untuk menghargai setiap langkah menuju kesuksesan tersebut. Sering manusia terjebak pada semangat pasrah tanpa mau berbuat apa-apa, yang menyedikan lagi menakala kita mencari –cari kesalahan orang lain dalam kegagalan kita.
Perlu disadari bahwa kesuksesan merupakan hasil akhir dari kemampuan seseorang untuk berjalan setepak demi setapak menuju puncak yang ingin dituju. Jadi kesuksesan intinya terletak pada ketangguhan pribadi yang bersangkutan dalam mengatasi setiap persoalan kehidupan ini!, itulah yang menempah pribadi-pribadi yang tangguh dan berkualitas secara moral , mental. Hanya pribadi yang tangguh yang bertahan dalam setiap kesulitan ketika ia berjuang menuju tangga kesuksesan.
Menjadi pribadi yang tangguh , membutuhkan suatu kerendahan hati , ketulusan hati untuk selalu berkaca, artinya ketika kita gagal maka hal yang pertama kita lakukan adalah menunjuk diri kita sendiri. Melimpahkan kegagalan pada orang lain, sebenarnya merupakan bentuk dari kerdilnya kepribadian kita . artinya kita belum siap maju dalam kancah peperangan dalam menjalani kehidupan kita .
Sering kali jari-jari kita tangan kita dengan mudah dan ringan menunjuk pada orang lain, tanpa kita sari ada tiga jari yang lainnya yang siapuntuk mempermalukan kita . sungguh , ini merupakan filosofiyangsangat mendasar bagi kita. Siapa pun kita, ketika kita berusah untuk mewujutkan pribadi yang tangguh dalam diri kita. Kita harus mampu untuk intropeksi dan koreksi diri.
Menjadi pribadi yang tangguh !!!!kita diperhadapkan untuk menjadi diri sendiri ” be yourself” (Jadilah dirimu sendiri ) jika kita perhatikan bunyinya tampaknya tidak bermakna apa-apa. Namun jika kita mencoba membuka tabir dibalik kalimat itusungguh tersimpan filosofi yang yang sangat mendasar , yaitu ajakan untuk melakukan pengenalan diri secara mendalam. Mengapa demikian? Karena kalimat tersebut mengajak kita menyadari bahwa diri kita lah pusat dari segala aktifitas kita. Kita jangan mengingkari keberadaan diri kita, akibatnya akan muncul pengingkaran terhadap hakekat kita sebagai pribadi yang unik . Menjadi diri sendiri, kita sadari bahwa dalam diri ada tuntutan dan tanggung jawab, dan kitalah yang bertanggung jawab dengan diri sendiri.
Menjadi pribadi yang tangguh kita harus mampu mengakui diria bahwa kita adalah pribadi yang unik. Akuilah bahwa kita adalah pribadi yang berbeda dengan orang lain. Perbedaan bentuk fisik, sifatdasar, tempramen, karakter , hasrat, kemampuan. Kita harus mengakui bahwa perbedaan itudapat menjadi kelebihandan pada sisi lain menjadikekurangan kita. Hal yangterpanting adalah dengan kesadaran penuh bahwa kita berbeda dan dari kemajemukan itu kita jadiakan tameng untu kesatuan yang berguna dalam kehidupan seperti kebersamaan yang harmonis. Janganlah kita menggunakan popeng dengan harapan supaya dapat menjadi seperti orang lain. Hal itu akan menyiksa , karena kita sendiri mengingkari keberadaan kita sebagai pribadi yang unik. Pengingkaran terhadap keunikan pribadi kita sering muncul ketika kita mencoba untuk membuat ukuran-ukuran yang tidak adl terhadap orang lain. Artinya kekurangan yang kita miliki kita bvandingkan dengan kelebihan orang lain, jika hal ini terjadi , boleh jadi kita akan merasa sebagai orang yang paling menderita di dunia ini, karena kita merasa bahwa diri kita hanya seonggok daging yang tak berguna yang penuha dengansegala kekurangan.
Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menjadi pribadi yang tangguh?
Menjadi pribadi yang tangguh , suatu kesempatan hidup yang menarik. Kembangkanlah suatu sikab mental dasar , terimalah kekurangan atau kelebihan yang kita miliki sebagai suatu kenyatana yang ada, cintailah dan terimalah dengan tulus . tumbuhkanlah keinginan untuk mensyukuri semua yang kita miliki dan kenali diri, karena dalam diri ada kekutan yang dasyat . janganlah menangisi kekurangan tanpa mau bertindak untuk memperbaiki diri serta tetapkalah tujuan hidup.
Semoga sukses menjadi pribadi yant tangguh
SELAMAT DAN SUKSES. TERIRING SALAM DAN DOA TULUS.

Tidak ada komentar: